Kunjungan Industri Ke PT Indolakto

Parade kegiatan kunjungan industri SMKN 1 Cerme tahun pelajaran 2017/2018 dimulai oleh dua jurusan berbasis kelistrikan, TIPTL dan TOI. Kegiatan yang menjadi pijakan awal siswa mengenal dunia usaha/industri ini menjadi momentum yang tepat siswa kelas X menimba ilmu, pengetahuan, informasi, dan merasakan suasana di lingkungan industri. Karena berikutnya, ketika kelas XI, siswa sudah harus melaksanakan paktik industri yang ditempuh 3 – 6 bulan.

PT Indolakto adalah perusahaan susu pertama di Indonesia yang memperoleh rekomendasi untuk mencantumkan label ‘HALAL’ pada semua produknya. Karena itulah, pemilihan PT tersebut sebagai jujugan sangatlah tepat. “Karena 50% pekerjaan di PT Indolakto dilakukan oleh robot.” Sebut Pak Wasis Supeno, selaku ketua panitia kegiatan tersebut. Selain itu, masih menurut Pak Wasis, PT ini memberikan pemahaman yang bermutu terkait dunia kerja yang akan didapatkan siswa setelah lulus SMK, terutama TIPTL dan TOI, khususnya masalah sensor, aktuator, dan robotika.

Sebanyak 72 siswa (X TIPTL 3 dan X TOI) dan 6 guru pendamping mengikuti kegiatan yang berlangsung pada Selasa, 27 Maret 2018 tersebut. Pada bagian awal, peserta diberikan informasi tentang sejarah berdirinya PT Indolakto dan produk yang dihasilkan. Setelah itu, siswa diajak plant tour. Agenda kegiatan inilah yang dianggap paling berkesan karena mereka disuguhkan bagaimana perusahaan tersebut menyimpan susu yang sudah di kardus, ke ruangan gudang sesuai jenis – rasa susu, dsb yang ter-record di data base. Yang istimewa, semua dilakukan dengan alat/robot/mesin. Pekerja cukup memindahkan dus dari nampan (palet) ke bak truk.

Intinya, hasil susu dari bagian produksi menuju gudang penyimpanan, dari penyimpanan ke truk dilakukan oleh robot. Ini yang selaras dengan otomasi indusri.

Tirai pembuka deretan kunjungan industri sudah dilaksanakan. Semoga ini menjadi titik awal yang baik guna menimba ilmu, pengetahuan, informasi, dan wawasan seputar dunia usaha/industri. Hal ini akan menjadi bekal bagi siswa melaksanakan praktik industri, juga setelah lulus dari SMK.

This entry was posted in Tak Berkategori. Bookmark the permalink.