Analisis Pengujian Laboratorium

Analisis Pengujian Laboratorium (APL) merupakan salah satu kompetensi keahlian yang termasuk dalam Program Keahlian Teknik Kimia yang ditempuh selama 3 tahun masa belajar. Sebagai rumpun Bidang Keahlian Teknologi dan Rekayasa, kompetensi keahlian ini diharapkan dapat mencetak lulusan yang terampil dalam bekerja, utamanya berkaitan dengan hal-hal yang bernuansa kimia.

Oleh karena itulah, siswa pada kompetensi keahlian ini dibekali kompetensi Analisis Kuantitatif  Konvensional, Mikrobiologi, Kimia Instrumen, Proksimat, Kimia Terapan, dan didukung kemampuan melahirkan produk kreatif dan kewirausahaan.

Selain itu, siswa yang menempuh kompetensi keahlian ini juga dibekali kompetensi Analisa Kimia Dasar, Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia, dan Mikrobiologi Dasar sebagai bekal bekerja maupun kuliah.

Lulusan Analisis Pengujian Laboratorium umumnya menempati pekerjaan sebagai Quality Control (QC) dan laboran. Meski begitu, bidang lain yang berkenaan dengan dunia kerja dan kimia juga bisa menjadi alternatif.