Teknik Pendinginan dan Tata Udara atau biasa disingkat PTU merupakan salah satu kompetensi keahlian yang sudah ada sejak SMKN 1 Cerme berdiri. Jurusan ini termasuk dalam bidang keahlian Teknologi dan Rekayasa untuk program keahlian Teknik Ketenagalistrikan (Berdasarkan Perdirjen No 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian SMK). PTU di SMK ditempuh dalam tiga tahun masa belajar.

Jurusan yang didominasi oleh siswa laki-laki ini bergerak di bidang refrigeration. Karena itulah siswa diberi bekal mata diklat seperti Gambar Teknik Listrik, Dasar Listrik dan Elektronika, Pekerjaan Dasar Elektromekanik, Sistem dan Instalasi Refrigerasi, Sistem dan Instalasi Tata Udara, Sistem Kontrol Otomatik, dan Kontrol Refrigrasi dan Tata Udara. Sebagai penyeimbang, siswa juga mendapatkan mata pelajaran muatan nasional dan kewilayahan serta mata pelajaran penunjang bidang keahlian semisal fisika, kimia, dan simulasi komunikasi digital, serta produk kreatif kewirausahaan.          

Keberadaan AC, Kulkas, dan sederet alat lain yang berkaitan dengan refrigeration menjadikan kompetensi keahlian ini mempunyai prospek kerja yang cukup banyak diantaranya teknisi, ahli maintenance AC, operator alat, dan sebagainya.