ukk-smkn-1-cerme

Rangkaian kegiatan akhir bagi siswa kelas XII sebelum diyatakan lulus sudah hampir mendekati fase akhir. Pada bagian final ini, siswa diwajibkan mengikuti kegiatan ujiap praktik yang lazim disebut UKK. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan. Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.

Pelaksanaan UKK di SMK Negeri 1 Cerme diadakan mulai Senin, 8 April – Kamis, 25 April 2019. Tentu saja dengan regulasi dan alokasi waktu antarjurusan berbeda. Untuk mencapai level kompetensi yang diinginkan, pihak institusi pasangan pun diajak bekerja sama sebagai penguji diantaranya PT Petrokimia Gresik, PT Envilab Indonesia, PT Dunia Kimia Jaya, BLH Gresik, PT Petrosida, Dinkes Gresik, PT LG Elektronik Indonesia, PT Daikin, PT Panjasa Intradin, PT Dinamy Perkasa Indonesia, Metro TV, dll.

UKK dilaksanakan oleh satuan pendidikan dalam bentuk ujian praktik yang menguji aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap pada 1 event. Oleh karena itu, keberadaan UKK sangatlah penting karena dapat menjadi tolok ukur ketercapaian belajar siswa selama masa pembelajaran, utamanya di bidang sesuai kompetensi keahlian yang ditekuni.

Pihak Cabdin Wilayah Gresik, selaku instansi yang mewakili Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, turut memantau pelaksanaan UKK. Terbukti pada hari pertama pelaksanaan, pengawas SMK dan pihak terkait melakukan monitoring demi suksesnya pelaksanaan UKK di SMK Negeri 1 Cerme.

Sekadar informasi, Mulai tahun pelajaran 2018/2019, Ujian Nasional Teori Kejuruan tidak lagi menjadi bagian Uji Kompetensi Keahlian sehingga nilai Ujian Nasional tidak lagi diperhitungkan dalam nilai Uji Kompetensi Keahlian melainkan hanya untuk Sertifikat Hasil Ujian Nasional.

UKK menjadi rangkaian akhir dari uji kompetensi siswa sebelum dinyatakan lulus dan dinyatakan siap kerja. SMK Bisa! SMKN1Ce Joss, jaringan orang-orang siap sukses.