Kimia Industri

Tujuan Kompetensi Keahlian Kimia Industri

    Tujuan Kompetensi Keahlian Kimia Industri secara umum mengacu pada isi Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  1. Melaksanakan tugas/ pekerjaan yang bersifat rutin dan dapat diprediksi beradasar pada Standard Operation Prosedure (SOP)
  2. Melakukan proses yang sederhana dan telah ditentukan
  3. Menilai mutu berdasarkan kriteria yang telah ditentukan
  4. Mengelola atau mengorganisasikan suatu proses
  5. Menentukan kriteria penilaian terhadap suatu proses/ kriteria evaluasi terhadap suatu proses

PROSPEK TEKNIK KIMIA

Bagi lulusan jurusan Kimia Industri umumnya bekerja di bidang industri yang berkaitan dengan teknik kimia, lingkungan, pegawai negeri sipil, BUMN dan tenaga pendidik, tetapi pada dasarnya bisa juga bekerja di bidang mana pun seperti di perbankan, kepolisian, konsultan, dan jasa.

Lulusan Kimia Industri juga bisa melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri dengan jurusan Teknik Kimia, Teknik Industri dan jurusan lain yang linier atau jurusan yang lainnya.

 

MITRA DU / DI KIMIA INDUSTRI

VISI & MISI KIMIA INDUSTRI