Kompetensi Keahlian Kimia Analisis sudah cukup lama ada di SMK Negeri 1 Cerme. Jurusan ini telah meluluskan lebih dari 5 kali angkatan. Namun, sejak tahun pelajaran 2019/2020 , berdasarkan Perdirjen Nomor 06/D.D5/KK/2018, Kimia Analisis yang semula ditempuh dalam tiga tahun masa belajar menjadi empat tahun. Perubahan tersebut tentu berkaitan dengan kompetensi yang akan dimiliki lulusan KA – sebutan untuk Kimia Analisis – 4 tahun berbeda dengan yang 3 tahun. Sekadar informasi, tahun keempat pada program 4 tahun digunakan sebagai siswa untuk magang dan ijazahnya setara D-1.

Kimia Analisis termasuk dalam rumpun Program Keahlian Teknik Kimia. Artinya, KA serumpun dengan Kimia Industri (KI) dan Analisis Pengujian Laboratorium (APL) hanya berbeda kedalaman materi dan konsentrasi/fokus keahlian.

Oleh karena itu, siswa KA diberikan mata pelajaran Analisis Kimia Dasar, Teknik Dasar Pekerjaan Laboratorium Kimia, Analisis Konstanta Fisik, Analisis Titrimetri dan Gravimetri, Analisis Bahan Organik, Analisis Bahan Anorganik, Analisis Kimia Instrumen, Analisis Kimia Terpadu, dan Analisis Mikrobiologi.

Umumnya menempati pekerjaan sebagai Quality Control (QC) dan laboran. Meski begitu, bidang lain yang berkenaan dengan dunia kerja dan kimia juga bisa menjadi alternatif.